email gmail,yahoo dan hotmail

Gmail adalah penyedia layanan surat elektronik (email) gratis milik Google yang diluncurkan pada tanggal 31 Maret 2004
Gmail menyedikan kapasitas penyimpanan sebanyak lebih dari 7538 megabyte dan terus bertambah. Jumlah ini lebih dari jumlah yang disediakan situs lain. seperti Yahoo! dan Hotmail. Hal ini berarti para pengguna dapat menyimpan sampai ribuan surat elektronik. Sampai saat ini, gmail merupakan email dengan kapasitas terbanyak.

Gmail juga mengaplikasi teknologi pencarian Google yang memudahkan penggunanya mencari sesuatu dari email mereka. Gmail juga menampilkan iklan yang didasarkan dari email yang diterima pengguna. Iklan tersebut hanya diperlihatkan ke pengguna Gmail dan tidak dikirimkan ke alamat eksternal.

Gmail dapat mengirimkan attachment (lampiran) sampai 20 MB per email.

Salah satu dari hal baru yang ditawarkan Gmail adalah penyortiran email dalam bentuk "Conversation view". Dengan begini email yang diterima akan diurutkan dalam bentuk percakapan, sehingga semua balasan dan topik tidak terpisah-pisah. Hal ini bisa membuat pengguna mudah untuk melihat email yang mereka dapat. Gmail kadang salah mengira email mana yang harus dikelompokkan bersama-sama, namun hal ini sudah jarang terjadi.

Salah satu perubahan baru adalah kemampuan untuk melabeli email. Sebuah email dapat mempunyai lebih dari satu label. Fitur ini berguna untuk menyortir email sesuai dengan label yang diberikanya, Google juga dapat memberikan label secara otomatis dengan sebuah filter.

Teknologi Push e-mail juga diterapkam Gmail pada perangkat iPhone dan Windows Mobile, sedangkan pada perangkat Telepon pintar (smartphone) lainnya kemampuan teknologi Push e-mail dari Gmail ini bervariasi tergantung dari aplikasi yang bisa dipasang pada Telepon pintar dari berbagai merk dan jenis.

YAHOO
Yahoo! Inc. merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di Sunnyvale, California (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.

Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.

Sejarah Yahoo
 
Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Pada bulan April 1994 tersebut, bookmark yang tadinya diberi nama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web” diganti menjadi Yahoo!, yang mana berasal dari kata “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersbeut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)

Domain yahoo.com dibuat pada tanggal 18 Januari 1995. Karena Yang dan Filo menyadari potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.

Seperti kebanyakan mesin pencari pada web, Yahoo pun diversifikasi menjadi portal web. Pada akhir 1990-an, Yahoo!, MSN, Lycos, Excite, dan portal web lainnya mengalami perkembangan yang sangat pesat yang menyebabkan masing-masing portal web berlomba untuk memperluas jangkauan layanan mereka agar para pengguna internet lebih lama singgah pada portal web mereka. Cara yang mereka lakukan adalah dengan mengakuisisi perusahaan-perusahaan lain yang bisa menyediakan servis yang mereka inginkan.

 Yahoo! Mail adalah sebuah penyedia surat elektronik (webmail) dari Yahoo!. Ia merupakan penyedia surat elektronik terbesar di Internet, dengan jutaan pengguna. Penyaing utama Yahoo! Mail ialah Windows Live Hotmail, Gmail dan AOL Mail.

Pada 26 Agustus 2007, versi AJAX untuk Yahoo! Mail diperkirakan sudah lengkap dan mulai menggantikan Yahoo! Mail versi lama. Pengembangan antara muka baru ini bermula pada Juli 2004, walaupun adalah mungkin prototipe lain telah dimajukan sebelum itu. Pada masa ini ia serasi dengan Internet Explorer 7 dan Mozilla Firefox serta Camino (sebagai sebagian rancangan Yahoo! untuk menaiktaraf semua tampaknya supaya serasi dengan Firefox). Walaupun dapat digunakan melalui Opera dan Safari, terdapat sedikit masalah pada pengaturan letaknya.

Windows Live Hotmail, atau yang sebelumnya dikenal dengan nama MSN Hotmail dan seringkali hanya disebut dengan Hotmail, merupakan layanan e-mail berbasis web gratis yang dioperasikan oleh Microsoft sebagai bagian dari Windows Live Group. Layanan e-mail berbasis web gratis ini diprakarsai oleh Sabeer Bhatia dan Jack Smith, dan pertama kali diluncurkan pada bulan Juli 1996 dengan nama HoTMaiL. Didanai oleh perusahaan modal ventura Draper Fisher Jurvetson, Hotmail merupakan salah satu pioneer penyedia layanan e-mail berbasis web gratis. Nama asli dan kapitalisasi layanan e-mail gratis satu ini, yaitu HoTMaiL, berasal dari kata HTML (HyperText Markup Language), bahasa pengkodean yang digunakan oleh World Wide Web (www). HoTMaiL kemudian diakuisisi oleh Microsoft pada tahun 1997 senilai $ 400 juta, dan tak lama setelahnya, layanan e-mail gratis ini berubah nama menjadi MSN Hotmail. Versi kini dari layanan e-mail gratis ini, Windows Live Hotmail, secara resmi diumumkan pada 1 November 2005 dan dirilis di seluruh dunia pada 7 Mei 2007.

Windows Live Hotmail memiliki fitur penyimpanan yang tidak terbatas, pengamanan dengan hak paten, teknologi Ajax, dan integrasi dengan Windows Live Messenger, Spaces, Calendar, SkyDrive, dan Contacts. Menurut comScore (Agustus 2010), Windows Live Messenger merupakan layanan e-mail berbasis web terbesar di dunia, dengan jumlah pengguna sekitar 364 juta. Sedangkan posisi kedua dan ketiga dipegang oleh Yahoo! Mail dengan 280 juta pengguna, dan Gmail dengan 191 juta pengguna. Windows Live Hotmail tersedia dalam 36 bahasa yang berbeda. Pengembangan Hotmail memiliki basis di Mountain View, California. Ketika Hotmail Corporation masih berupa perusahaan independen, kantor pusatnya berada di Sunnyvale, California.
fitur
Serupa dengan layanan webmail besar lainnya, Hotmail menggunakan teknik pemograman Ajax dan mendukung versi terbaru dari Internet Explorer, Mozilla Firefox, Safari, dan Google Chrome. Beberapa fiturnya, termasuk kontrol keyboard, memberikan kemampuan navigasi di seluruh halaman tanpa harus menggunakan mouse, kemampuan untuk mencari pesan-pesan pengguna yang mengandung syntax query terstruktur seperti dari: ebay, filterisasi pesan, pengorganisasian pesan berbasis folder, penyelesaian alamat kontak secara otomatis ketika menulis, pengelompokan kontak, mengimpor dan mengekspor kontak sebagai file CSV, format rich text, signature berupa rich text, penyaringan spam, dan virus scanning. Dalam perbandingannya dengan layanan webmail lainnya, Hotmail menawarkan fitur-fitur unik sebagai berikut.
 Tampilan aktif (active view) pada Hotmail memungkinkan penggunanya untuk secara langsung berinteraksi dengan isi dan fungsi dalam pesan e-mail mereka. Sebagai contoh, setiap lampiran foto dapat ditampilkan langsung menggunakan active view ini. Selain itu, Hotmail juga menyediakan partner platform yang memungkinkan isi dan fungsi dari berbagai situs dan layanan seperti YouTube, Flickr, LinkedIn dapat dilihat langsung dalam pesan e-mail pengguna. Sebagai contoh, pengguna dapat melihat video YouTube dalam Hotmail ketika mereka menerima e-mail berisi link ke video YouTube tadi.
 Hotmail terintergrasi dengan Office Web Apps untuk memungkinkan tampilan dengan ketelitian tinggi dan pengeditan dari Microsoft Office Word, Excel, dan dokumen PowerPoint yang terlampir dalam pesan. Pengguna dapat langsung membuka lampiran dokumen-dokumen Office tersebut dalam web browser dan menyimpannya dalam Windows Live SkyDrive mereka. Pengguna juga dapat melakukan pengeditan pada dokumen Office apapun yang diterima, dan langsung membalas kepada pengirim dengan dokumen yang sudah diedit tersebut. Sebagai tambahan, dengan menggunakan Hotmail, pengguna juga dapat mengirim dokumen Office sampai 10 GB (masing-masingnya maksimal 50 MB) dengan mengunduh dokumen-dokumen tersebut ke Windows Live SkyDrive dan membaginya kepada pengguna-pengguna lain.
berkas percakapan.Hotmail menyediakan kemampuan untuk secara otomatis mengelompokkan e-mail terkirim dan diterima yang berasal dari percakapan yang sama ke dalam thread percakapan yang sama, yang memungkinkan pengguna untuk secara cepat menelusuri semua e-mail dalam thread percakapan yang sama. Fitur yang satu ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan, tergantung pada preferensi si pengguna.
 penyapuan.Hotmail menawarkan ‘virtual broom’ (sapu virtual) yang memungkinkan pengguna untuk menghapus atau memindahkan sejumlah besar e-mail ke dalam folder tertentu berdasarkan informasi pengirim. Setelah penyapuan atau sweep dilakukan, pengguna dapat memilih untuk mengkonfigurasikan Hotmail untuk mengingat pengaturan sweep dan melakukan langkah pemindahan atau penghapusan yang sama untuk ke depannya. Pengguna juga dapat membuat pengaturan pesan khusus berdasarkan informasi penerima atau pengirim, subjek e-mail, atau lampiran yang ada pada e-mail.
 Quick view (tampilan cepat) memungkinkan pengguna untuk menyaring semua e-mail (dalam semua folder) berdasarkan lampiran dokumen, lampiran foto, pesan yang ditandai, ataupun waktu pengiriman. One-click filters (penyaringan dalam satu kali klik) memungkinkan pengguna untuk menyaring kotak masuk (atau folder tertentu) berdasarkan sudah atau belumnya pesan dibaca, Windows Live Contacts list, grup milis atau Windows Live Group, atau dari situs jejaring sosial.
wikipedia indonesia


Tidak ada komentar:

Posting Komentar